Sabtu, 11 Juni 2011

gejala darah tinggi

pada umumnya gejala tekanan darah tinggi atau hipertens tidak diketahui dengan pasti. sebagian besar penderita baru menyadari jika ia telah mengidap penyakt itu atau diketahui setelah terjadi komplikasi pada organ lain seperti ginjal, mata, otak, dan jantung. sakit kepala, mimisan,limbung dan mabuk sering dianggap sebagai gejala tekanan darah tinggi.
data pada sebuah klinik di Paris menyebutkan bahwa dari 1771 penderita yang tidak diobati, mengalami sakit kepala 40,5 %, berdebar 28,5 %, sering buang air kecil waktu malam 20,4 %, rasa limbung 20,8 %, dan sering mengalami telinga berdengung 13,8 %.
komplikasi tekanan darah tinggi gejalanya juga bisa berupa gangguan penglihatan, gangguan saraf, lemah jantung dan gejala lain karena penurunan fungsi ginjal. lemah jantung yang lebih dikenal gagal ginjal biasanya diikuti rasa sesak di dada. sementara itu gangguan penglihatan sering dutemui pada penderita hipertensi berat.
pada umumnya komplikasi tekanan darah tinggi berbeda-beda antara satu tempat dan dan tempat lainnya.
komplikasi pada jantung bisa menyebabkan gagal jantung , pada otot bisa menyebabkan stroke yang membuat anggota badan lumpuh. serangan isekmi pada otak bisa ditandai dengan kesemutan pada wajah dan anggota badan atau kehilngan kesadaran dan kembali pulih setelah 24 jam.
peningkatan tekanan darah mendadak pada orang yang sebelumnya memiliki tekanan darah normal bisa menyebabkan pembuluh darah di otak mengalami penciutan mendadak. sebagian lagi mengalami pelebaran disertai merembesnya serum atau cairan dari dinding pembuluh darah otak yang menyebabkan otak menjadi sembap yang biasanya disebut dengan stroke yang berakibat pada kelumpuhan saraf otak.
pada gagal jantungm tekanan darah tinggi mempercepat proses arterosclerosis pada penyakit jantung koroner.salah satu teori menyebutkan bahwa sel intima dari dinding pembuluh darah koroner yang mempercepat timbulnya pengendapan kolesterol pada bagian dalam dinding pembuluh darah.
tekanan darah tinggijuga bisa menyebabkan tekanan sistolik dalam bilk kiri bertambah. hal ini menyebabkan tekanan oto jantung naik, sehingga kebutuhan oksigen pada otot jantung meningkat. selanjutnya terjadi ketidakseimbangan antara kebutuhan oksigen dan darah yang dialirkan sehingga terjadi angina pektoris, dengan mengobati tekanan darah tinggi maka proses penyakit jantung koroner dapat dikurangi atau dihambat.

Sumber : Drs Sudjaswardi W dan M Sitanggang, Sehat dengan Ramuan Tradisional, Tanaman Obat untuk Penyakit Jantung, Darah Tinggi dan Kolesterol, AgroMedia Pustaka

Sumber: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/alternative-medicine/2040521-gejala-tekanan-darah-tinggi/#ixzz1Ox0S0LP7

0 komentar:

Posting Komentar