Sabtu, 11 Juni 2011

gejala usus buntu

Usus Buntu Dan Gejalanya

Usus buntu dalam bahasa latin disebut sebagai Appendix vermiformis, Organ ini ditemukan pada manusia, mamalia, burung, dan beberapa jenis reptil. Pada awalnya Organ ini dianggap sebagai organ tambahan yang tidak mempunyai fungsi, tetapi saat ini diketahui bahwa fungsi apendiks adalah sebagai organ imunologik dan secara aktif berperan dalam sekresi immunoglobulin (suatu kekebalan tubuh) dimana memiliki/berisi kelenjar limfoid.

Seperti organ-organ tubuh yang lain, appendiks atau usus buntu ini dapat mengalami kerusakan ataupun ganguan serangan penyakit. Hal ini yang sering kali kita kenal dengan nama Penyakit Radang Usus Buntu (Appendicitis).

Penyebab Penyakit Radang Usus Buntu (Appendicitis)

Penyakit radang usus buntu ini umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri, namun faktor pencetusnya ada beberapa kemungkinan yang sampai sekarang belum dapat diketahui secara pasti. Di antaranya faktor penyumbatan (obstruksi) pada lapisan saluran (lumen) appendiks oleh timbunan tinja/feces yang keras (fekalit), hyperplasia (pembesaran) jaringan limfoid, penyakit cacing, parasit, benda asing dalam tubuh, cancer primer dan striktur.

Diantara beberapa faktor diatas, maka yang paling sering ditemukan dan kuat dugaannya sebagai penyabab adalah faktor penyumbatan oleh tinja/feces dan hyperplasia jaringan limfoid. Penyumbatan atau pembesaran inilah yang menjadi media bagi bakteri untuk berkembang biak. Perlu diketahui bahwa dalam tinja/feces manusia sangat mungkin sekali telah tercemari oleh bakteri/kuman Escherichia Coli, inilah yang sering kali mengakibatkan infeksi yang berakibat pada peradangan usus buntu.

Makan cabai bersama bijinya atau jambu klutuk beserta bijinya sering kali tak tercerna dalam tinja dan menyelinap kesaluran appendiks sebagai benda asin, Begitu pula terjadinya pengerasan tinja/feces (konstipasi) dalam waktu lama sangat mungkin ada bagiannya yang terselip masuk kesaluran appendiks yang pada akhirnya menjadi media kuman/bakteri bersarang dan berkembang biak sebagai infeksi yang menimbulkan peradangan usus buntu tersebut.

Seseorang yang mengalami penyakit cacing (cacingan), apabila cacing yang beternak didalam usus besar lalu tersasar memasuki usus buntu maka dapat menimbulkan penyakit radang usus buntu.

Gambaran Penyakit Radang Usus Buntu (Appendicitis)

Peradangan atau pembengkakaan yang terjadi pada usus buntu menyebabkan aliran cairan limfe dan darah tidak sempurna pada usus buntu (appendiks) akibat adanya tekanan, akhirnya usus buntu mengalami kerusakan dan terjadi pembusukan (gangren) karena sudah tak mendapatkan makanan lagi.

Pembusukan usus buntu ini menghasilkan cairan bernanah, apabila tidak segera ditangani maka akibatnya usus buntu akan pecah (perforasi/robek) dan nanah tersebut yang berisi bakteri menyebar ke rongga perut. Dampaknya adalah infeksi yang semakin meluas, yaitu infeksi dinding rongga perut (Peritonitis).

Tanda dan Gejala Penyakit Radang Usus Buntu

Gejala usus buntu bervariasi tergantung stadiumnya;

Penyakit Radang Usus Buntu akut (mendadak).
Pada kondisi ini gejala yang ditimbulkan tubuh akan panas tinggi, mual-muntah, nyeri perut kanan bawah, buat berjalan jadi sakit sehingga agak terbongkok, namun tidak semua orang akan menunjukkan gejala seperti ini, bisa juga hanya bersifat meriang, atau mual-muntah saja.

Penyakit Radang Usus Buntu kronik.
Pada stadium ini gejala yang timbul sedikit mirip dengan sakit maag dimana terjadi nyeri samar (tumpul) di daerah sekitar pusar dan terkadang demam yang hilang timbul. Seringkali disertai dengan rasa mual, bahkan kadang muntah, kemudian nyeri itu akan berpindah ke perut kanan bawah dengan tanda-tanda yang khas pada apendisitis akut yaitu nyeri pd titik Mc Burney (istilah kesehatannya).

Penyebaran rasa nyeri akan bergantung pada arah posisi/letak usus buntu itu sendiri terhadap usus besar, Apabila ujung usus buntu menyentuh saluran kencing ureter, nyerinya akan sama dengan sensasi nyeri kolik saluran kemih, dan mungkin ada gangguan berkemih. Bila posisi usus buntunya ke belakang, rasa nyeri muncul pada pemeriksaan tusuk dubur atau tusuk vagina. Pada posisi usus buntu yang lain, rasa nyeri mungkin tidak spesifik begitu.

Pemeriksaan diagnosa Penyakit Radang Usus Buntu

Ada beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan oleh Tim Kesehatan untuk menentukan dan mendiagnosa adanya penyakit radang usus buntu (Appendicitis) oleh Pasiennya. Diantaranya adalah pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan radiology ;

Pemeriksaan fisik.
Pada appendicitis akut, dengan pengamatan akan tampak adanya pembengkakan (swelling) rongga perut dimana dinding perut tampak mengencang (distensi). Pada perabaan (palpasi) didaerah perut kanan bawah, seringkali bila ditekan akan terasa nyeri dan bila tekanan dilepas juga akan terasa nyeri (Blumberg sign) yang mana merupakan kunci dari diagnosis apendisitis akut.

Dengan tindakan tungkai kanan dan paha ditekuk kuat / tungkai di angkat tinggi-tinggi, maka rasa nyeri di perut semakin parah. Kecurigaan adanya peradangan usus buntu semakin bertambah bila pemeriksaan dubur dan atau vagina menimbulkan rasa nyeri juga. Suhu dubur (rectal) yang lebih tinggi dari suhu ketiak (axilla), lebih menunjang lagi adanya radang usus buntu.

Pemeriksaan Laboratorium.
Pada pemeriksaan laboratorium darah, yang dapat ditemukan adalah kenaikan dari sel darah putih (leukosit) hingga sekitar 10.000 – 18.000/mm3. Jika terjadi peningkatan yang lebih dari itu, maka kemungkinan apendiks sudah mengalami perforasi (pecah).

Pemeriksaan radiologi.
foto polos perut dapat memperlihatkan adanya fekalit. Namun pemeriksaan ini jarang membantu dalam menegakkan diagnosis apendisitis. Ultrasonografi (USG) cukup membantu dalam penegakkan diagnosis apendisitis (71 – 97 %), terutama untuk wanita hamil dan anak-anak. Tingkat keakuratan yang paling tinggi adalah dengan pemeriksaan CT scan (93 – 98 %). Dengan CT scan dapat terlihat jelas gambaran apendiks.


Penanganan dan Perawatan Penyakit Radang Usus Buntu

Bila diagnosis sudah pasti, maka penatalaksanaan standar untuk penyakit radang usus buntu (appendicitis) adalah operasi. Pada kondisi dini apabila sudah dapat langsung terdiagnosa kemungkinan pemberian obat antibiotika dapat saja dilakukan, namun demikian tingkat kekambuhannya mencapai 35%.

Pembedahan dapat dilakukan secara terbuka atau semi-tertutup (laparoskopi). Setelah dilakukan pembedahan, harus diberikan antibiotika selama 7 – 10 hari. Selanjutnya adalah perawatan luka operasi yang harus terhindar dari kemungkinan infeksi sekunder dari alat yang terkontaminasi dll.

(Sumber : info-penyakit.com)

Label: Kesehatan

Penulis bangai

49 komentar:

Anonim mengatakan...

saya mulai berasa sakit dipinggang kanan bawah,kadang disertai mual yg muncul dan datang tiba-tiba.apakah ini gejala usus buntu/dll?
saya prnah mengeluarkan veses yg berdarah..
replay please!!
thx
:)
9:07 PM, Februari 08, 2010
wina mengatakan...

saya d'ponis usus buntu sudah lama sekali tapi untuk menjalankan oprasi ortu saya tidak punya biaya,jadi sebaiknya saya bagaimana...?
10:07 PM, Februari 09, 2010
Anonim mengatakan...

sy 3 minggu yg lalu mengalami sakit disemua area perut disertai rasa mual tpi muntahnya tdk kluar apa2 hnya mual2 sja pertama keRS sy dibilang kena penyakit mah jdi cm dibri obat mah,stelah minum obat mah tsb sy tdk mual lgi tpi rasa sakit diperut sy masih saja keRS yg lain lgi sy dianjurkan foto perut stelah difoto dokter tdk bsa memmbri keputusan apa2 cm dibilang usus tdk ada tanda2 usus buntu tpi jk 1 minggu kemudian perut masih sakit terpaksa dokter akan mengoperasi perut sy spy dpt diliat langsung penyebabnya,yg jdi pertanyaan sy sakit apakah perut sy ini smp skrng nyerinya kadang masih terasa? tolong sy,trims
6:42 PM, Maret 11, 2010
risya mengatakan...

saya sakit di pinggang kanan bawah,,,dan veses saya ber darah apa itu gejala usus buntu.
11:38 PM, Maret 21, 2010
Anonim mengatakan...

Saya sudah menjalani operasi appendicitis, yang semula tidak terdeteksi. Gejala yang saya alamiadalah sering demam dan tenggorokan kering. Saya curiga pasti ada sesuatu yang tidak beres didalam tubuh saya,maka saya pergi bertemu dengan dokter kandungan, dan terdetekdi ada ovarium cyst. Lah saya focus ke ovarium cyst untuk dioperasi. Sebelum operasi pemeriksaan darah dilakukan,ada satu unsur disebut ESR yang angkanya tinggi, sewaktu dokter saya tanya beliau pun tidak tau angka yang ditunjukkan ESR itu kemana arahnya. Kemudian saya dioperasi untuk ovarium cyst tersebut. Selesai operasi,dokter mengatakan bahwa mereka (tim dokter) juga mengangkat appendix saya yang sudah infeksi. So.... dokter tersebut menjawab pertanyaan saya tentang ESR itu jawabnya adalah tingkat infeksi yang tinggi. Ini sekesar tambahan mengenai appendicitis yang pernah saya alami.
11:43 PM, Maret 21, 2010
Anonim mengatakan...

Hanya sekedar informasi, tapi bukan untuk menakut2i.
apabila anda mengalami gejala2 diatas, dan dokter tidak bisa memastikan penyakit apa yang anda alami. maka bisa juga menggunakan alternatif lain seperti ke orang pintar / orang yang dipercaya punya ilmu lebih dibidang kesehatan. siapa tau anda berjodoh disitu...
"karena takutnya bisa saja anda terkena santet ato guna2". 'maaf....'
sekian terimakasih.
Semoga bermanfaat.
2:42 AM, Maret 28, 2010
Anonim mengatakan...

selamat siang..
mohon ada yg membalas keluhan saya ini.
Saya bingung udah lama saya menderita mag, mual dan sulit kentut. tapi 1 hari yg lalu sebelum saya menulis artikel ini saya bersepeda pancal sekitar 2km tujuan ingin mencari keringat. Namun saat bersepeda tiba2 tulang atas dubur saya sakit. dan sekaang saya merasa ingin buang angin terus tapi sulit tapi pada akhirnya bisa buang angin dan rasanya ingin buang angin lagi. tadi pagi saya juga sudah 2 kali BAB dan Alhamdulillah normal meskipun BAB yg pertama agak keras.
seperti diketahui sudah 3 hari saya sulit BAB padahal sudah minum air putih banyak, dan makan serat. kira-kira penyakit saya apa ya???
terima kasih
12:46 AM, April 05, 2010
ranu's blog mengatakan...

selamat malam,,,,,
saya maw bertanya nih, sudah 3 bulan say sering menderita perut mual, badan terasa letih, tapi ketika berjalan perut tidak terlalus sakit....
kira2 itu gejala pa ya... ???
mohon bantuan anda untuk menjawab pertanyaan saya ini....
trimaksih....
8:46 AM, April 27, 2010
nirmala mengatakan...

reply:
Anonim mengatakan...
saya mulai berasa sakit dipinggang kanan bawah,kadang disertai mual yg muncul dan datang tiba-tiba.apakah ini gejala usus buntu/dll?
saya prnah mengeluarkan veses yg berdarah.. replay please!!
thx
:)
9:07 PM, Februari 08, 2010

answer:
mungkin, veses anda yg berdarah akibat infeksi/luka usus, sehingga tinja bercampur dgn darah ketika berada di usus...ini cuma perkiraan saya loh, bisa saja luka tersebut bukan hanya ada di usus, bisa juga di rektum. sebaiknya periksa ke dokter, krna kalo hanya dengn gejala yg anda sebutkan barusan, itu terlalu dini untuk disimpulkn, apakah anda kena usus buntu ato gak...bisa saja yg lain..^ ^

saya juga awam, masi klas 2 SMA. maaf kalo saya salah..^ ^
1:03 AM, Mei 18, 2010
nirmala mengatakan...

reply:
wina mengatakan...
saya d'ponis usus buntu sudah lama sekali tapi untuk menjalankan oprasi ortu saya tidak punya biaya,jadi sebaiknya saya bagaimana...?

10:07 PM, Februari 09, 2010

answer:
bagaimana kalo soudara wina mengurus kartu miskin? psti dapet bntuan. asalkan wina yakin, akan ada jalan kok. heehehe ^ ^
1:06 AM, Mei 18, 2010
emi mengatakan...

wow.. salah satu gejalanya da yang sama dengan yang sedang saya alami.. tapi jika muntah2 itu tidak terjadi pada saya. adh, ngei sekali..
1:45 AM, Mei 20, 2010
emi mengatakan...

sebenarnya saya sakit Usus Buntu tidak, ya? mohon jawab saya..
1:48 AM, Mei 20, 2010
sita mengatakan...

saya sering sakit d'bagian perut kanan bawah,tp gag sampe ke kaki sih sakit'y,tu knp y??jd parno euy...
9:04 PM, Juni 28, 2010
PD.Apotik dr.Ismangil II Wlingi mengatakan...

penyakit pada usus buntu yang berakibat perut membesar dan bernanah, hal itu di sebabkan oleh usus buntu pecah, mohon penjelasan
11:02 AM, Juli 03, 2010
Anonim mengatakan...

saya ayu
akir2 ini saya sering mersakan sakit perut sebelah kanan. tapi badan saya tidak panas,,
saya takut, apakah saya termasuk orang yang dapat gejala radang usus buntu????
8:12 PM, Juli 08, 2010
Anonim mengatakan...

sy irma...3 hari terakhir ini saya selalu merasakan sakit diperut,ulu hati dan dipinggang...apakah itu termasuk gejala usus buntu atau hamil....soalnya sama-sama merasakan mual dan pingin muntah..mohon jawabannya ya...
8:20 PM, Juli 11, 2010
Anonim mengatakan...

maaf, saya mau tanya. seminggu lalu saya sempat sakit panas tinggi di barengi sakit perut mual-mual. setelah ke dokter saya di ponis gejala usus buntu. udah hampir 4 bulanan saya sering sakit pinggang.
apa ga apa apa kalu terus di coba terus dengan minum obat??
mohon jawabannya
8:54 PM, Juli 14, 2010
Inanda mengatakan...

maaf , saya mau tanya kemarin tiba" lambung saya sakit di barengin sama perut kanan bawah, dan saat itu saya mual-mual dan kalo jalan tegak sakid rasanya. ini gejala usus buntu atau bkn.?
tolong di bales
7:41 PM, Juli 21, 2010
isa bly mengatakan...

perut sebelah kanan pusar saya sering terasa ngilu. perut kanan bawah saya kadang - kadang terasa nyeri. kondisi tubuh saya sering panas dingin.bahkan sering terasa pusing. apakah ini gejala apendiks??? terima kasih..
5:25 AM, Juli 25, 2010
laptopgame mengatakan...

semoga sehat selalu
9:19 AM, Agustus 06, 2010
meli mengatakan...

met pagi...... perut sebelah kanan saya sering sakit tpi saya tidak ada merasa mual-muntah,,,,
tetapi jika berjalan saya merasa sakit....
apakah saya terkena usus buntu?????
9:03 PM, Agustus 22, 2010
Anonim mengatakan...

Saya annisa..akhir2 ini saya ngerasain sakit di perut..
Tp di semua bagian perut..
Padasaat sakit itu kambuh, apabila ingin kentut terasa sangat sakit sekali di bagian dubur..
Tp bila dipaksakan kentut.. Rasa sakit dibagian perut sedikit berkurang..
Padahal saat tidak terasa sakit, saya bisa kentut secara normal tanpa rasa sakit..
Awalnya saya pikir magh.. Saya pun makan obat magh.. Mual mmg berkurang..
Saya tidak mengalami demam atw jg muntah2.. Dan apabila kaki kanan dilipat keatas bagian perut pun tidak terasa sakit..
Namun saya tidak kuat jalan apabila terasa sakit itu..
Apakah gejala yg saya rasa itu gejala radang usus buntu???
Kalo iya kira2 sudah seberapa parah??
Apakah perlu operasi???
5:50 PM, Agustus 29, 2010
wahyu setiawan mengatakan...

ass,,,,
saya mengalami gangguan di perut bawah sebelah kiri,,, ini bermula setelah saya bermain futsall,,
tiba2 rasa sakit itu muncul dan selang beberapa hari timbul terasa susah buang air besar,, dan gejala ini sudah 1 minggu saya alami,,,
kira2 sakit apa ya yg saya derita ? mohon infonya ke whyu89@gmail.com terimakasihhh,,,
7:30 AM, September 22, 2010
sony mengatakan...

apabila ketelan isi buah sirkaya apa bisa kena usus buntu ya dok???
Mhon djwab
7:23 PM, September 27, 2010
risma mengatakan...

kalo nyeri perut sebelah kiri bawah gejala sakit penyakit apa yah /
6:14 AM, Oktober 11, 2010
blogg yuli mengatakan...

saya aria,saya mengalami gangguan pada perut sering mual2 bagian perut saya tu terasa keras.sebelume susah buang air besar,ni sudah saya alami kurang lebih 2 bulan.tapi apa tu pengaruh sama datang bulan,soale aku telat 2 bulan.makasih.mohon jawabannya.
11:25 PM, Oktober 13, 2010
Anonim mengatakan...

saya indra,
kadang2 nyeri dsblah kanan bwah perut..
tp skrg udah berasa lg, tp sekali2 timbul lagi..
gmn yah dok??
gejala apa skit maag aj???

mohon ptnjuk??? ;-)
5:53 PM, Oktober 17, 2010
ika mengatakan...

saya mau bertanya
jika sudah kena usubuntu dan sudah di operasi
apakah ada kemungkinan akan terkena usu buntu juga karena pola makan yang tidak sehat?
1:04 AM, November 04, 2010
Anonim mengatakan...

suka sakit di bagian pinggan suka muntah ????itu gjla nya???ap bkn
5:36 AM, November 28, 2010
adi mengatakan...

Semuanya, please dong ah, ke dokter ajaa dulu, udah bagus ada yg share, kasian juga penulis, kalau kalian konsul ke dia, baru 2 SMA.
6:38 AM, November 28, 2010
Anonim mengatakan...

saya sering se x veases smpai berdarah....d tmbh perut kanan bwah trkdang sk skit,vases jg g lancar,dan keras....
6:32 AM, Januari 13, 2011
Anonim mengatakan...

bgni,dlu sya prnah diare krna mknan,py stlh itu dokter mlrng sya untuk tdk mkan yg braur santan.
bbrpa hri sya turuti tpi akhr x sya mkn santan lg, & sya mnglmi diare lgi..
hngga saat ni jka sya mkn santan pgi hri mka prut sya lngsung mnglmi skt hngga akhr x sya diare lgi..
pa ni da hbngn x dgn usus buntu
9:58 AM, Februari 05, 2011
Aquarium fish mengatakan...

waduh ngeri juga ya..
makasih infonya..
7:51 AM, Februari 21, 2011
Anonim mengatakan...

aku Ola..

aku kemarin menderita usus buntu,,
n sekarang udah sembuh dengan cr penyembuhan operasi..

pasca operasi, aku udah agak mendingan..
:)
buat temen2 yg menderita usus buntu...sebaiknya d operasi ajah... g sakit kok..drpd sakit2 trus d sekitar perut... kan g enak bgt tu...

:)
6:32 PM, Februari 22, 2011
dwi mengatakan...

saya mau tanya, belakangan ini pencernaan saya memang kurang lancar,apa ada hubungannya dengan porsi makan saya yang terlalu sedikit dan kurangya sayuran dan buah?
sebelumnya dokter sempat mengatakan bahwa saya terkena ambeien... saya memang agak kurang suka minum air putih ataupun minuman lainnya..
kemarin, suhu badan saya panas disertai batuk dan flu, saya pergi ke dokter dan diberi obat, setelah 1 hari, panas saya mulai turun, tapi agak terasa sakit di perut bagian kanan bawah...
setelah saya makan buah, saya sudah bisa untuk BAB tapi hanya sedikit tanpa rasa sakit ataupun tanpa dipaksa, saya juga tidak merasakan mual2..
apakah saya juga menderita usus buntu?
11:40 PM, Februari 23, 2011
Anonim mengatakan...

saya liana
udah 3minggu ini saya sering merasakan sakit d bagian perut sebelah kanan bawah,itu saya rasakan kadang setelah bangun pagi,mau bangkit saya rasakan sakit,jalanpun agak membungkuk karana kalau tegak saya rasa sakit waktu berjalan.saya memang susah BAB dan kurang serat,apa saya mengalami sakit usus buntu?
8:12 PM, Februari 27, 2011
no money !! no Hunny mengatakan...

saya pernah merasa skit perut bagian bawah sampai saya tidak bisa jaln dengan tegap dan melangkah seperti biasa bahkan duduk saja merasa sakit , apa itu ada hubungannya dengan penyakit yg di bahas di atas ?
9:05 PM, Maret 03, 2011
Anonim mengatakan...

saya sakit di bagian bawah perut bagian bawah sebelah kiri, kira kira itu sakit usus buntu pa tidak ??
mohon jawabanya
11:34 PM, Maret 10, 2011
Anonim mengatakan...

saya tris
ada apa pada gejala sakit/ nyeri pada bagian erut kiri bawah sakit dan di saat kaki /paha di tekuk terasa sakit
10:32 AM, Maret 19, 2011
fitri mengatakan...

mencegah lebih baik dari pada mengobati, untuk mencegah usus buntu rajinlah mengkonsumsi jus manggis setiap hari
8:30 PM, Maret 20, 2011
YnG mengatakan...

apa penderita usus buntu itu kekurangan serat pada tubuh yah?
11:11 PM, Maret 21, 2011
Anonim mengatakan...

saya memang menderita sakit mag,sering kali shabis mkan perut saya sakit,,
belakangan ini perut bagian kiri bawah saya sakit,tetapi hal itu hanya brlangsung dlam hitungan jam saja,
tapi pada hari berikutnya perut bagian kanan bawah saya juga tersa sakit.
kira2 itu gejala apa y??
mohon bantuanny.
6:54 PM, April 08, 2011
DedEph MPhie mengatakan...

perut saya panas+mual+berdarah serta sakit di pinggang... itu gejala usus buntu atau ginjal???thnx
7:14 AM, April 10, 2011
rifa mengatakan...

saya pernah merasakan sakit di bagian bawah kanan .
Sakit sekali sehingga saat berjalan pun saya merasakan sakit,,yang mengakibatkan badan saya akan mengambil sikap membungkuk pada saat berjalan .
apakah saya terkena radang usus buntu atau saya kurang minum air putih ?
10:30 PM, April 11, 2011
eko marwanto mengatakan...

saya sangat sering meminum kopi, terutama kopi hitam, dan akhir-akhir ini saya sering merasa bagian perut atas saya yang sebelah kiri terasa panas bila sedang duduk. kira-kira kenapa ya?
7:18 PM, April 19, 2011
bunga pavita kirana mengatakan...

saya bunga,saya sering makan mi instan dan kawan2 yg sebetylnya dilarang krn katany bisa menimbulkan usus buntu,belakangan ini setiap habis bangun tidur perut bagian kiri & sekitar pusar saya sakit,apa itu merupakan gejala usus buntu?thx.
8:22 PM, April 23, 2011
Cre mengatakan...

Ayah saya menderita nyeri yg tdk tahan lagi di perut bag. kanan bwah, dan akhir.y di kulit luar timbul bintil2 gatal. .
Ini apakah juga gejala usus buntu?
Please k0ment balik!
7:55 AM, Mei 02, 2011
M-arif mengatakan...

nama saya arief,malam ini tepatnya jam 3 pagi mpe jam 6 pagi, perut saya sakit bnget, jdi susah tidur, sakitnya, seperti perut terisi ,keras, tapi tempatnay berpindah2, kadng di pusar,kanan perut, kiri perut. apakah mungkin yang saya alami ini adalah gejala usus buntu yang akut . tolong jawabkan ya dokter.
1:38 AM, Mei 31, 2011
IIN MASHUDI mengatakan...

trimakasih info kesehatannya...semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.....
12:45 AM, Juni 08, 2011

Poskan Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langgan: Poskan Komentar (Atom)

Dari Aceh Untuk Dunia

Kategori

Aceh (7)
Ekonomi (1)
Hati - hati (1)
Home (1)
Informasi (16)
Instropeksi Diri (19)
Islami (8)
Kesehatan (10)
Kondisi Aceh (16)
Kumpulan Puisi (6)
Perang (1)
Remaja (2)
Sepakbola (1)
Teknologi (8)

HTML Hit Counters
Free Hit Counters
BangaiSabe
Locations of visitors to this page
Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com

0 komentar:

Posting Komentar